Jayapura (Antara Papua) - Seribuan umat islam melaksanakan salat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Silas Papare Kodam XVII/Cenderawsih, Jumat (1/9).

Sejak pukul 06.00 WIT umat Islam yang bermukim di sekitar Makodam Cenderawasih, dan prajurit TNI serta ASN di jajaran Kodam berbondong-bondong memenuhi lapangan Apel Silas Papare Kodam XVII/Cenderawasih untuk melaksanakan salat Idul Adha.

Bertindak selaku khotib Ustadz Dr Husnul Yakin SHI MA.



Dalam khotbahnya Ustadz Husnul Yakin menyampaikan sejarah Nabi Ibrahim AS yang menjadi tauladan dalam keiklasan dalam menjalankan perintah Allah SWT walaupun harus merelakan anak yang disayanginya Nabi Ismail AS.

"Hari raya kurban merupakan perwujudan ketaqwaan serta wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia yang begitu besar yang telah dilimpahkan kepada umat manusia," ujarnya.

Usai salat Idul ADha, dilanjutkan penyerahan hewan kurban berupa lima ekor sapi dan puluhan ekor Kambing, yang secara simbolis diserahkan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit kepada pengurus masjid Al Fajr sebagai panitia kurban.

Pangdam juga menyempatkan diri melakukan penyembelihan hewan korban.

Kepala Pembinaan Mentak Kodam XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel Inf Riduan Simanjuntak sebagai panitia kurban menyampaikan bahwa daging kurban itu nantinya akan dibagikan kepada sekitar 200 KK masyarakat di sekitar Makodam serta prajurit dan ASN Kodam. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024