Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendukung sekaligus mengapresiasi pendeklarasian kebangkitan ekonomi orang asli Papua (OAP) yang dilaksanakan oleh Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Kamis.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Kamis, mengatakan puluhan ribu masyarakat asli Papua memadati Kantor Gubernur Papua di Jayapura untuk menyatakan ingin bangkit secara ekonomi, merupakan sejarah baru di Tanah Papua.

"Gubernur Papua sudah menyambut baik deklarasi kebangkitan ekonomi ini, ditandai dengan pemberian bantuan puluhan miliar hanya untuk KAPP, tidak ada organisasi lain yang dibantu sebesar KAPP," katanya.

Menurut Elia, untuk itu pihaknya mengharapkan agar bantuan ini dapat dikelola dan diatur dengan baik sehingga nantinya ketua dan pengurus tidak ditafsir macam-macam oleh organisasi pendukung yang ada di dalamnya.

"Harus diakui selama ini, Papua lemah di bidang ekonomi sehingga harus bangkit dan membenahi semua itu dan menciptakan kesejajaran dengan bidang pembangunan lainnya," ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya juga mendukung sikap tegas Ketua Umum KAPP Pusat yang menjadikan masalah pengusaha asli Papua menjadi persoalan bagi semua pengusaha sehingga dalam pelaksanaannya akan diawasi dengan baik.

"Selain itu, karena KAPP ini merupakan kamar adat pengusaha Papua maka adat harus dikedepankan di mana norma-norma teknis berada di urutan selanjutnya," katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya merasa bangga atas upaya bangkit secara ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat asli Papua, di mana diharapkan akan ada kesejajaran untuk bisa maju, bangkit dan sejahtera sehingga keberhasilan dapat dicapai. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024