Merauke (Antara Papua) - Korem 174/Anim Ti Waninggap memfasilitasi penanaman padi perdana dalam program cetak sawah baru di Kampung Anumbob, Distrik Kurik, kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada Kamis (7/9).

Kegiatan pembinaan teritorial itu dihadiri oleh Kasrem 174/ATW, Wadan Lantamal XI, Wakapolres Merauke, Dandim 1707/Merauke, Kadisops Lanud Merauke, dan pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, serta Dansat Kabalak Disjan.

Danrem 174/ATW dalam sambutanya yang dibacakan oleh Kasrem Kolonel Kav Ketut Adi Swasta Putra menyampaikan bahwa penanaman padi perdana itu merupakan salah satu upaya TNI AD dalam mendukung program nasional ketahanan pangan dalam rangka swasembada pangan.



Penanaman perdana itu juga merupakan langkah nyata TNI AD bersama pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi beras, sehingga Kabupaten Merauke menjadi lumbung pangan nasional dan mampu memenuhi kebutuhan beras di seluruh wilayah Indonesia.

"TNI Angkatan Darat khususnya korem beserta kodim-kodim yang ada di jajaran korem 174/ATW akan membantu pemerintah untuk menyukseskan program swasembada pangan khususnya di wilayah Merauke. Hal ini berdasarkan MoU Menteri Pertanian dengan Kasad tentang perluasan lahan sawah, penanaman hingga pengawasan pendistribusian pupuk dan bibit," ujarnya.
            
Danrem berharap agar nantinya sawah yang telah dicetak dan ditanami ini tidak ada yang dialih fungsikan, dan para petani semakin giat menggeluti usaha pertanian, sehingga hasil dari pertanian dapat memberi kesejahteraan kepada petani yang ada di Distrik Kurik khususnya Kampung Anumbob.



Danrem juga meminta kepada seluruh Babinsa untuk ikut terlibat melaksanakan pengawasan pada program perluasan sawah dan tanam padi itu, sehingga hasil yang didapat nantinya bisa maksimal dan sukses sesuai dengan target yang telah direncanakan, guna meningkatkan kualitas hidup yang lebih layak.

"Kepada para petani dan gapoktan agar lebih mandiri dengan memberdayagunakan Babinsa sebagai pendamping, sehingga apa yang sudah diberikan oleh pemerintah khususnya pada program perluasan sawah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kerja sama yang baik tentunya akan mendapat hasil yang baik pula," ujarnya. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024