Yapen (Antara Papua) - Babinsa dari Koramil 1709-02/Yaptim Serda Ramadhan Letsoin dan Serda Agus Ompusunggu membantu masyarakat membuat saluran irigasi untuk lahan sawah seluas kurang lebih satu hektare milik Silas Korano, di Kampung Nusembai, Distrik Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, Rabu (13/9).

Serda Ramadhan mengatakan Program peningkatan swasembada pangan tidak hanya dititik beratkan pada lahan pertanian, tetapi juga sarana penunjang seperti pembangunan saluran irigasi yang juga memliki peranan yang sangat vital dalam pertanian.

Disamping sebagai pendukung oncoran (sawah yang mendapat air dari selokan atau sawah bencah), saluran irigasi juga berfungsi untuk membagi arus aliran air ke masing-masing sawah sehingga para petani tidak kesulitan dalam memperoleh air untuk mengairi sawah mereka.

Sembari berkerja, Serda Ramadhan Letsoin menghimbau kepada warga, agar pembangunan irigasi yang telah dibangun bersama-sama agar selalu dijaga, sehingga fungsi utama dari irigasi tersebut dapat tercapai dalam menyukseskan swasembada pangan di Kepulauan Yapen, khusunya di Yapen Timur.



"Semoga dengan pembuatan irigasi ini, dapat membantu Bapak Silas Korano dalam persiapan masa tanam nantinya, dan semoga pula melalui karya bakti pembuatan irigasi air tersebut dapat mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat serta dapat memupuk jiwa dan semangat gotong royong," ujarnya. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024