Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota di wilayah iu untuk memperhatikan kondisi daerah secara holistik.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, di Jayapura, mengatakan pihaknya mengharapkan Panwaslu untuk mengawal proses pilkada dengan baik serta memperhatikan azas demokrasi.

"Kami juga mengharapkan Panwaslu kabupaten/kota untuk tidak mengulang kesalahan pada pilkada lalu," katanya.

Menurut Doren, pada pilkada lalu, banyak anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, tetapi tidak berjalan dengan baik karena rekomendasi dari Panwaslu.

"Panwaslu harus mengedepankan kejujuran dalam penyelenggaraan pilkada serentak, dan menyelesaikan masalah dengan musyawarah, tidak membawa permasalahan ke tingkat Bawaslu Provinsi, ini juga harus menjadi perhatian," ujarnya.

Senada dengan Doren Wakerkwa, Ketua Bawaslu Papua Peggy Wattimena mengatakan, dengan dilantiknya anggota Panwaslu 29 kabupaten/kota diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan lebih mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

"Meskipun demikian masih ada tiga orang Panwaslu yang belum dilantik yakni satu anggota Panwaslu Nabire dan dua anggota Panwaslu Yahukimo," katanya.

Dia menjelaskan, anggota Panwaslu tersebut masih dalam tahap diklarifikasi. Setelah ada permohonan dari masyarakat, jika sudah selesai, maka sudah bisa dilantik dan melaksanakan tugas. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024