Deiyai (Antara Papua) - Babinsa Koramil 1705-03/Waghete Serka Sudarno beserta tiga rekannya berupaya meningkatkan wawasan kebangsaan para pelajar SMK Negeri 1 Waghete, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua, melalui pembelajaran di kelas sekolah tersebut, pada Kamis (19/10).

Upaya tersebut merupakan inisiatif Serka Sudarno yang bersama tiga rekannya menemui Kepala Sekolah Yohanis Lawa SPd guna meminta izin agar dapat memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada para pelajar di sekolah itu.

Dalam pemaparannya, Serka Sudarno mengatakan peningkatan wawasan kebangsaan dimaksudkan untuk membangkitkan jiwa membela keutuhan NKRI dan mempertahankan ideologi negara yakni Pancasila.



Sudarno juga memberikan pengarahan tentang media sosial, disertai ajakan agar menggunakan media sosial dengan baik dan bukan untuk menyebarkan ujaran–ujaran kebencian ataupun berita yang belum tentu kebenarannya, karena hal itu dapat menimbulkan masalah bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan hidup yang lebih besar.

"Sekali lagi, marilah kita saling mendukung dan bekerja sama untuk menjaga keutuhan NKRI dari musuh negara, karena siswa-siswi juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga keutuhan NKRI, karena kalian adalah generasi penerus kami dalam mempertahankan NKRI," ujar Serka Sudarno.

Kepala sekolah SMK N 1 Waghete Bapak Yohanis Lawa SPd menyampaikan ucapkan terima kasih kepada para Babinsa yang meluangkan waktunya untuk memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di sekolah itu.

"Hal ini sangat perlu untuk lebih menanamkan lagi jiwa nasionalisme dan ideologi Pancasila bagi peserta didik kami," ujar Yohanis Lawa. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024