Jayapura (Antara) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menggelar rapat persiapan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang akan jatuh pada 12 November 2017.

Rapat persiapan HKN itu dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Papua, Aloysius Giyai. Rapat ini berlangsung selama sehari di Kantor Dinkes Papua, Selasa.

Rapat itu melibatkan institusi kesehatan dan instansi terkait lainnya. Melalui momentum itu, disepakati beberapa kegiatan dalam rangka memperingati HKN 2017.

Dalam rapat itu, Aloysius mengatakan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HKN yakni Jumat bersih, permainan biliard, lomba cuci tangan tujuh langkah, pemeriksaan kesehatan sekaligus donor darah, dan permainan gaplek.

"Jumat bersih ini harus dilaksanakan oleh semua instansi kesehatan. Permainan biliard, cuci tangan, fudsal, gaplek, dan pemeriksaan kesehatan harus diikuti oleh masing-masing perwakilan instansi kesehatan," ujarnya.

Berbagai pertandingan diharapkan agar diikuti oleh

Aloysius menuturkan, kegiatan lomba cuci tangan di koordinir oleh Rumah Sakit Umum Daerah Dok II Jayapura, kegiatan Jumat bersih dikordinir oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura.

Selanjutnya, donor darah dan pemeriksaan kesehatan di koordinir oleh Bidang Litbang dan ATM Dinas Kesehatan Kota Jayapura, permainan fudsal dan gaplek dikoordinir oleh Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan (UP2KP).

Permainan biliard dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Papua, dan upacara gabungan dalam rangka peringatan HKN ini dikoordinir langsung oleh Rumah Sakit Angkatan Laut Jayapura.

Mantan Direktur RSUD Abepura ini menambahkan, upacara dalam rangka memperingati HKN direncanakan akan dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Papua pada Senin, 13 November 2017.

"Upacara peringatan HKN nantinya dilaksanakan pada Senin karena HKN jatuh pada Minggu,12 November 2017," tambah dia. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024