Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua membantu membangun satu unit gedung untuk tempat pertandingan gulat saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.

"Kami sudah bantu bangun gedung untuk veneu pertandingan gulat, gedung ini berada di sekitar lokasi Balai Pelatihan Kesehatan (Balatkes) Papua di Padang Bulan, Abepura, Kota Jayapura," ujar Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai di Jayapura, Senin.

Aloysius mengaku bangga menjadi Kepala Dinas Kesehatan Papua karena satu-satunya Satuan Kerja Perangkat Daerah?(SKPD) yang telah mengambil langkah lebih jauh untuk persiapan PON XX tahun 2020.

Menurut dia, akhir Desember 2017 Dinkes Papua akan menyerahkan gedung tersebut untuk dikelola demi kepentingan persiapan PON XX.

Pembangunan gedung itu merupakan inisiatif pihak Dinkes Papua yang dimulai sejak tahun lalu dan sudah hampir rampung.

Tim pertandingan juga sudah menyatakan bahwa gedung itu sangat memenuhi syarat untuk pertandingan gulat.

"Pertandingan gulat di gedung itu sama sekali tidak mengganggu aktifitas di Balatkes Papua. Saat pertandingan akan dimulai, gedung ini akan disterilkan," ujarnya.

Mantan Direktur RSUD Abepura itu menambahkan, setelah penyelenggaraan PON XX, tambah dia, gedung itu akan digunakan sebagai aula Balatkes Papua. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024