Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengkoordinasikan pelayanan kesehatan dengan tiga kabupaten yang membawahi Suku Korowai.

Tiga kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Boven Digoel, Yahukimo dan Kabupaten Asmat, kata Kadinkes Papua Aloysius Giyai di Jayapura, Senin.

"Dinas Kesehatan Papua telah melakukan sinergi dan koordinasi dengan semua kabupaten yang membawahi Suku Korowai, saya sudah datangi," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah menggelar pertemuan resmi dengan Wakil Bupati Boven Digoel dan Kepala Dinas Kesehatan Boven Digoel.

"Bupati Asmat dan Kepala Dinas Kesehatannya, pertemuan sudah langsung dilakukan di Asmat," ujarnya.

Pada momentum itu, menurut dia, Dinkes dan Bupati Asmat telah sepakat untuk melakukan langkah-langkah penanganan kesehatan di wilayah Suku Korowai.

"Bupati Yahukimo juga saya sudah ketemu dan sesuai dengan apa yang dijanjikan akan melakukan pelayanan kesehatan di wilayah Korowai," ujarnya.

"Kalau memang Bupati Yahukimo benar-benar melaksanakan apa yang dijanjikan, saya kira luar biasa, karena selain beliau buka jalan, beliau juga berencana bangun perumahan di Korowai," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Bupati Yahukimo juga berjanji akan menempatkan tenaga kesehatan untuk mendampingi tim satuan tugas (satgas) pelayanan kesehatan yang nantinya ditempatkan oleh Dinkes Papua pada 2018 mendatang.

"Kadinkes dan Bupati Mappi yang saya belum ketemu tapi tiga kabupaten lainnya saya sudah ketemu," tambah dia.

Korowai berada di persimpangan antara Kabupaten Yahukimo, Mappi, Boven Digoel dan Asmat. Kehidupan suku yang baru ditemukan sekitar 30 tahun lalu itu masih terisolasi. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024