Biak (Antara Papua) - Letnan Inf Kolonel Dominggus Christian Soumokil secara resmi menjabat sebagai Komandan Kodim 1708/Biak Numfor menggantikan pejabat lama Letkol CZI Suhendra Gunawan, Minggu (10/12) malam.

Prosesi lepas sambut pejabat Dandim 1708/Biak Letkol CZI Suhendra Gunawan dengan pejabat baru Letkol Inf Dominggus Soumokil berlangsung di Lapangan Apel Makodim Biak Numfor di Jalan Sriwijaya Ridge, Kelurahan Brambaken, Distrik Samofa.

Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa menjelaskan serah terima jabatan di lingkungan TNI AD merupakan hal yang wajar terjadi dalam rangka peningkatan karier prajurit di tempat penugasan.

Ia berharap pejabat baru Dandim Biak yang pernah menjadi Kasdim 1708/Biak memiliki pengalaman penugasan sehingga mempunyai kemampuan membaca karakteristik masyarakat di Biak dan Supiori.

Danrem Brigjen Cantiasa mengajak Dandim Biak dapat mengembangkan sumber daya alam yang mempunyai potensi untuk dikelola menjadi daya tarik wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor.

Keindahan alam dan kekayaan budaya tari-tarian masyarakat Biak, kata dia, ada kesamaan dengan Hawaii yang menjadi daya tariki wsatawan.

"Saya optimistis dengan pengalaman dan kemampuan diri dimiliki Letkol Dominggus Sumokil mampu membantu Pemkab Biak Numfor untuk mengembangkan sektor pariwisata di Pulau Biak," kata dia.

Pejabat lama Dandim Biak Letkol CZI Suhendra Gunawan menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkab Biak Numfor, Pemkab Supiori, dan masyarakat nusantara, serta badan usaha milik negara dan daerah yang sudah menjalin koordinasi dengan Kodim 1708/Biak sehingga wilayah Biak dan Supiori senantiasa kondusif.

Komandan Kodim 1708 Letkol Inf Dominggus Sumokil mengatakan untuk meneruskan program kerja yang sudah berhasil diperbuat pejabat lama dalam rangka menunjang keberhasilan tugas pembinaan teritorial wilayah Kodim/1708 meliputi Biak dan Supiori.

"Saya akan tingkatkan semua program yang sudah dibuat, ya jabatan ini menjadi amanah untuk melayani masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori," ungkapnya.

Pejabat lama Letkol CZI Suhendra Gunawan dipromosikan menjabat Waaslog Kodam XVII/Cenderawasih sedangkan Letkol Inf Dominggus Sumokil sebelumnya sebagai Dandenma Divif 2 Kostrad.

Ikut hadir menyaksikan lepas sambut mereka, di antaranya Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap, Ketua DPRD Biak Zeth Sandy, Asisten Sekda Supiori Hasan N, komandan satuan TNI/Polri, serta Kajari Numfor Sigid Januari Pribadi. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024