Jayapura (Antara Papua) - Dua kepala daerah terpilih yakni Bupati Intan Jaya dan Jayapura periode 2017-2022 beserta wakilnya segera dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, yang dijadwalkan Selasa (11/12) di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Papua.

Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya terpilih Natalis Tabuni-Yan Kogoboyauw, dan Bupati dan Wabup Jayapura terpilih Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Senin, mengatakan selain mengambil sumpah janji jabatan dua kepala daerah tersebut, Gubernur Papua juga akan melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai terpilih, namun waktunya berbeda.

"Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai terpilih periode 2017-2022 Yakobus Dumupa-Oskar Makai direncanakan dilaksanakan pada 18 Desember 2017 sesuai dengan masa akhir jabatan kepala daerah sebelumnya," katanya.

Menurut Hery, sedangkan untuk pelantikan Bupati Yalimo hingga kini masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sekadar diketahui, Er Dabi dan Lakius Peyon resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Yalimo pada 15 Juli 2016 dengan dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

Namun Bupati Yalimo Er Dabi meninggal dunia di Timika, Kabupaten Mimika ketika tengah menjalankan tugas kenegaraan bersama rombongan Gubernur Papua pada 7 Desember 2016.

Sehingga posisinya digantikan oleh Wakil Bupati Yalimo Lakius Peyon, di mana sebanyak 11 dari 20 wakil rakyat di DPRD Kabupaten Yalimo, akhirnya memilih Erdi Dabi putra mantan almarhum Bupati Yalimo untuk mengisi jabatan Wabup yang sempat kosong selama kurang lebih satu tahun. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024