Jayapura (Antara Papua) - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta pemerintah dan DPRD kabupaten/kota di wilayahnya untuk segera menggelar sidang APBD Tahun Anggaran 2018.

"Pelaksanaan berbagai kegiatan yang direncanakan untuk 2018 agar segera dimulai dan dikoordinasikan sehingga tidak tumpang tindih dan tidak menumpuk di akhir tahun anggaran," katanya di Jayapura.

Menurut Lukas, perlu disiapkan langkah-langkah nyata agar anggaran dan kegiatan dapat dilaksanakan sejak awal tahun.

"Kementerian negara atau lembaga dapat memulai proses lelang proyek-proyek dan kegiatan tahun anggaran 2018 segera setelah menerima DIPA, selanjutnya penandatanganan kontrak atau perjanjian kerja dilakukan pada awal tahun," ujarnya.

Dia menuturkan jika pada awal 2018 sudah memulai kegiatan maka pada akhir tahun target serapan anggaran dapat tercapai.

"Sesuai laporan dari Sekretaris Daerah Provinsi Papua, tercatat sekitar enam kabupaten yang belum menggelar sidang APBD TA 2018. Segera laksanakan dan jangan terlambat," katanya.

Dia menambahkan Provinsi Papua sudah menerapkan e-Government sehingga jika dilaksanakan secara maksimal maka akan mempercepat penyerapan anggaran.

"Namun, jika tidak segera melaksanakan sidang anggaran dan menetapkan APBD TA 2018 maka pelaksanaan kegiatan di tahun tersebut akan terhambat serta berujung pada penyerapan anggaran yang tidak maksimal," ujarnya.(*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024