Timika (Antara Papua) - Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Windarto SSos MM memimpin upacara peringatan Hari Juang Kartika yang digelar di lapangan Mako Batalyon Infanteri 754/ Eme Neme Kangasih, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat.

Sebagai perwira upacara, ditunjuk Lettu Inf Fektor Suyanto yang merupakan Pasi Pers Yonif 754/ENK, dan Kapten Kav Jajang bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh jajaran pimpinan kesatuan lain seperti Komandan Lanal dan Lanud Mimika serta anggotanya.

Setiap 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat untuk mengenang pertempuran Ambarawa.

Para prajurit yang saat itu masih bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dipimpin Panglima Besar Jenderal Sudirman vertempur sejak 12 hingga 15 Desember 1945 di Ambarawa. TKR berhasil mengepung dan memukul mundur pasukan sekutu ke Semarang.

Sebelum berganti sebagai Hari Juang Kartika, setiap 15 Desember diperingati sebagai Hari Infanteri. Berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 163 tahun1999, Hari Infanteri kemudian berganti nama sebagai Hari Juang Kartika.

Letkol Inf Windarto mengatakan bahwa bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun TNI AD tersebut, ia berharap agar semua anggota baik yang ada di dalam kesatuan atau kesatuan penugasan masing-masing untuk terus meningkatkan kinerja dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap TNI AD.

"Semoga kita lebih profesional lagi dan lebih semangat dan terus menjaga kepercayaan masyarakat," kata Dandim.

Peringati Hari Juang Kartika, jajaran Kodim 1710/Mimika gelar beragam bakti sosial, salah satunya yaitu kegiatan donor darah.

Para prajurit TNI berhasil mengumpulkan 46 kantong darah saat pelaksanaan di Aula Koramil 1710-02/Mimika, di Jalan Yos Sudarso, Rabu (13/12).

Sebanyak 46 kantong darah yang terkumpul, yakni 10 golongan darah A, 14 golongan darah B, 19 golongan darah O dan tiga golongan darah AB.

"Bakti sosial seperti ini rutin kita laksanakan setiap tahun untuk memperingati Hari Juang Kartika," kata Kasdim 1710/Mimika, Mayor Inf Antoni Triwibowo kepada wartawan dalam kesempatan donor darah tersebut. (*)

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024