Jayapura (Antaranews Papua) - Polsek Unurumguay, Polres Jayapuura, mengintensifkan razia menjelang pergantian Tahun Baru 2018 di pertigaan Nimbontong, Kampung Beneik, Distrik Unurumguay, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapolsek Unurumguay Iptu Oscar F Rahadian ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peredaran minuman keras dan petasan menjelang perayaan malam Tahun Baru 2018.

"Razia ini kami lakukan sejak Sabtu (30/12) malam dan ini sebenarnya merupakan bagian dari kegiatan rutin, hanya bertepatan dengan jelang pergantian tahuh baru 2018," katanya.

Mengenai sasaran dalam razia tersebut, kata mantan Waka Polsek Abepura itu, selain minuman keras dan petasan yang di razia, termasuk narkoba dan senjata tajam yang dibawa oleh pengguna atau penumpag kendaraan roda dua maupun roda empat atau orang yang melintas dari arah Nimbokrang tujuan ke Kaureh dan Sarmi, Kabupaten Sarmi.

"Diharapkan dengan razia yang dilakukan oleh Polsek Unurumguay menjelang perayaamn malam Tahun Baru dapat mencegah dan menekan peredaram miras, narkoba dan petasan ilegal di wilayah hukum kami," katanya.

Sementara terkait razia pada Sabtu (30/12) malam yang berhasil diamankan oleh jajarannya yakni dua botol anggur merah cap orang tua, satu botol jenis mansion house, satu botol bir hitam guinness, 12 kaleng bir bintang jumbo dan satu buah petasan terbuat dari kaleng yang menggunakan spirtus.

Iptu Oscar mengatakan selain menggelar razia, pihaknya juga langsung mengimbau kepada pengguna kendaraan bermotor roda dua, empat atau lebih untuk lebih mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Kami juga mengajak warga pengguna jalan untuk lebih memperhatikan kelayakan jalan kendaraannya, dan lebih mematuhi marka lalu lintas. Dan yang utama tidak mengemundikan kendaraan dalam keadaan mabuk alkohol yang bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas," katanya.

Kapolsek menambahkan untuk situasi di wilayah hukumnya hingga hari ini masih aman dan kondusif. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024