Jayapura (Antara Papua) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar yang diwakili oleh Kepala SPN Jayapura Kombes Pol Daniel Prio Atmoko memberikan bantuan berupa alat salat dan Al Quran di beberapa masjid yang ada di Kabupaten Paniai.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Minggu, mengatakan pemberian bantuan itu disaksikan langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Paniai Drs Joko Supriyanto.

"Jadi bantuan itu diberikan pada Jumat pekan kemarin kepada pengurus Masjud Al Mubaroq dan Masjid Nurul Hijrah Enarotali," katanya.

Namun, kata dia, sebelumnya Kapolda Papua sudah bertemu dengan para tokoh agama di beberapa gereja di Enarotali, Kabupaten Paniai dan juga membagikan bantuan kepada para pendeta.

"Tapi, kali ini Kapolda Papua yang diwakili Kepala SPN Jayapura Kombes Pol Daniel Prio Atmoko didampingi Kapolres Paniai AKBP Supriyagung bertemu dengan para tokoh agama muslim yang ada di Kabupaten Paniai dan menyerhakan bantuan berupa alat-alat Salat kepada dua masjid tersebut," katanya.

Pertemuan dan penyerahan bantuan itu, kata dia, dilakukan setelah pelaksanaan Salat Jumat dan pada momentm itu Kepala SPN menyampaikan sejumlah pesan dari Kapolda Papua.

"Jadi, pesan yang disampaikan bahwa pemberian bantuan itu sebagai bentuk silahturahmi dan ucapan terima kasih kepada para tokoh agama khususnya umat muslim yang telah bersama-sama dengan para tokoh agama yang lain dalam menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga Kabupaten Paniai sampai saat ini tetap aman dan kondusif," katanya.

Para tokoh agama juga diminta untuk selalu memberikan pencerahan kepada umatnya agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bertanggungjawab, dengan selalu bangun komunikasi yang baik dengan para tokoh agama lainnya.

"Sehingga jika ada permasalahan dengan cepat dapat diselesaikan. Apa yang diberikan sebagai ucapan terima kasih kapolda papua kepada seluruh umat muslim yang ada di Kabupaten Paniai yang telah bersama-sama polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban," katanya. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024