Jayapura (Antaranews Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus menggenjot pembangunan di segala bidang menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Jumat, mengatakan sebagai bukti nyata dari pembangunan ini, pemerintah pusat telah mempercayakan Bumi Cenderawasih menjadi tuan rumah PON XX 2020 yang merupakan pesta olahraga nasional setiap empat tahun sekali.

"Dengan adanya penunjukan ini membuktikan bahwa Papua tidak bisa diremehkan, sekaligus hal ini menjadi amanah yang berat dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya," katanya.

Menurut Elia, kini pembangunan prasarana dan sarana cabang-cabang olahraga di berbagai titik daerah sedang dikebut pengerjaannya.

"Pembangunan ini juga tidak lepas dari pembangunan sarana pendukungnya seperti perumahan, jalan dan jembatan, jaringan air bersih, jaringan listrik dan telekomunikasi, hingga ruangan terbuka hijau," ujarnya.

Dia menuturkan diharapkan seluruh pembangunan ini dan adanya PON XX 2020 di Papua, ekonomi kreatif tumbuh, dunia pariwisata semakin berkembang, serta meningkatnya pergerakan barang dan jasa juga lebih jauh bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Bumi Cenderawasih.

"Pada akhirnya PON XX 2020 di Papua akan menjadi kebangkitan Papua menuju kemandirian dan kesejahteraan," katanya lagi.

Dia menambahkan selain PON XX tahun 2020 hal lain yang patut didukung dan banggakan adalah Jalan TransPapua yang ditargetkan dapat tersambung dan berfungsi sepenuhnya pada 2019.

Jalan itu nantinya akan menghubungkan wilayah-wilayah yang sulit dijangkau, memperlancar arus barang dan jasa serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian, juga memberikan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Papua. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024