Jakarta (Antaranews Papua) - Kementerian Pemuda dan Olahraga mendukung pesepak bola muda Tanah Air Egy Maulana Vikri untuk bermain sebagai pemain profesional di benua Eropa setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Olahraga Ragunan, Jakarta.

"Kami akan mendukung cita-cita Egy untuk menaklukkan Eropa dan dunia. Kami memberikan ruang bagi dia untuk memilih klub dan negara mana yang sesuai," kata Menpora Imam Nahrawi dalam pertemuan dengan pemain Tim Nasional Indonesia U-19 itu di Jakarta, Jumat.

Menpora mengatakan dukungan kepada Egy dilatarbelakangi pemain asal Medan, Sumatera Utara itu masih bersekolah di SKO Ragunan.

"Pilihan Egy untuk memilih klub sepak bola dan negara tertentu di Eropa tentu ada pertimbangan seperti soal psikologis dan bahasa. Dia masih punya waktu satu hingga dua bulan untuk memutuskan klub dan negara pilihannya," kata Menpora.

Meskipun mendukung Egy untuk bermain secara profesional di Eropa, Menpora mengingatkan pemain berusia 17 tahun itu harus tetap kembali dan mendukung tim sepak bola nasional jika negara membutuhkannya.

"Bermain di mana pun, itu adalah hak warga negara. Tapi jika timnas membutuhkan, termasuk dalam pertandingan Asian Games, Egy harus pulang dan membela timnas," ujar Menpora.

Bukan hanya Egy, Menpora berjanji akan mendukung pemain-pemain muda sepak bola nasional yang akan berkarir di luar negeri agar sepak bola Indonesia mendapatkan tambahan pengalaman dan kemampuan teknik bermain.

"Selain Egy, ada pemain-pemain muda yang lain seperti Witan Sulaeman. Kami ingin banyak pemain bertalenta seperti mereka demi masa depan sepak bola Indonesia," ujar Menpora.

Sementara Egy mengaku belum memutuskan klub sepak bola maupun negara yang akan menjadi labuhan pertamanya berkarir secara profesional.

"Saya hanya mengikuti proses ketika berada di Eropa nanti. Saya masih harus menunggu satu hingga dua bulan mendatang," kata Egy yang mengaku menambah kemampuan berbahasa Inggris untuk mendukung cita-citanya "merumput" di Eropa.

Egy mengaku telah mencoba berlatih di sejumlah klub sepak bola di tujuh negara Eropa sepanjang 2017. "Ada Spanyol, Jerman, Polandia, Prancis, Portugal, dan Italia," ujar Egy. (*)

Pewarta : Imam Santoso
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024