Boven Digoel (Antaranews Papua) - Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad menggelar pengobatan massal di Kampung Aiwat, Distrik Subur, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, Senin (15/1).

Komandan Satgas Yonif Rider 323/BP Kostrad Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina Msi (Han) mengatakan bakti sosial pengobatan massal merupakan agenda rutin yang dilaksanakan, baik secara mandiri maupun bersmaa-sama dengan pihak Dinas Kesehatan setempat.

"Sebelumnya pengobatan massal digelar di Kampung Naga, dan kini di Kampung Aiwat," ujarnya.

Umumnya kampung-kampung tersebut letaknya jauh dari fasilitas kesehatan sehingga pengobatan massal itu sangat membantu masyarakat yang ada di kawasan pedalaman.




Pengobatan massal itu pun dipadukan dengan penyuluhan kesehatan pola hidup bersih dan sehat serta penyuluhan cara perawatan gigi yang dipraktekkan langsung oleh dokter Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad Letnan Dua CKM dr M. Barkah kepada anak–anak Kampung Aiwat.

"Selain jadwal rutin yang sudah direncanakan tiap bulan, kegiatan ini juga dilaksanakan apabila ada permintaan khusus dari masyarakat. Bahkan tidak jarang masyarakat datang ke Pos Satgas untuk berobat," ujarnya.

Kepala Kampung Aiwat Kaitanus menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada Satgas Yonif Raider 323/BP Kostard yang telah melaksanakan kegiatan seperti itu di kampung mereka.

"Masyarakat terlihat bahagia, reaksi anak-anak kampung yang begitu senang bercanda dan bermain bersama personel Satgas yang juga ikut dalam kegiatan pengobatan ini," ujar Kaitanus. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024