Jayapura (Antaranews Papua) - Komandan Pangkalan Utama AL (Danlantamal) X Jayapura Kolonel Marinir Ipung Purwadi memimpin aksi bersih-bersih pantai Hamadi yang terletak di Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Jumat.

"Pembersihan bibir pantai sepanjang 350 meter persegi itu, selain melibatkan seluruh prajurit TNI AL dan para ASN lingkup Lantamal X, juga melibatkan istri para prajurit yang tergabung dalam Jalasenatri," kata Kolonel Ipung di sela-sela aksi pembersihan bibir pantai dari tumpukan sampah.

Ipung yang didampingi Wadan Lantamal X Kol Laut Antonius Giarsih, mengatakan aksi bersih-bersih pantai Hamadi merupakan salah satu progam yang layak dipertahankan, apalagi di kawasan ini bukan saja menjadi destinasi wisata hiburan, tetapi juga destinasi wisata edukasi.

"Jadi, di bibir pantai Hamadi yang kami bersihkan ini mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi, sehingga harus bisa dipertahankan," katanya.

Oleh karena itu, Lantamal X Jayapura bersama jajaran di bawahnya memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga lingkungan wisata edukasi agar tetap terpelihara. Danlantamal) X Jayapura Kolonel Marinir Ipung Purwadi berikan arahan kepada prajurit TNI AL dalam aksi bersih-bersih pantai Hamadi yang terletak di Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. (Foto : Antaranews Papua/Alfian Rumagit)
"Saat ini adalah musim dorongan sampah dari laut, sehingga saat ini banyak sampah yang menuju ke bibir pantai, kalau kami tidak lakukan pembersihan secara kontinyu bisa dipastikan di sini banyak sampah.Sehingga kita laksanakan aksi bersih-bersih sampah," katanya.

Lebih lanjut, Ipung yang pernah menjabat sabagai Atase Pertahanan (Athan) di Mesir mengatakan sampah yang berhasil dibersihkan dari bibir pantai Hamadi mencapai tiga truk.

"Saya juga ajak warga sekitar untuk bersih-bersih bibir pantai Hamadi," katanya.

Dalam kegiatan bersih pantai itu, tampak hadir Asops Dalantamal Letkol Laut (P)  Nouldy J Tangka, Asintel Danlantamal Kolonel Laut (P) Sadikin Rijali, Dantim Intel Letkol Marinir Hindarto, Kadispeg Letkol Marinir Faturohman, Dansatkamla Mayor Laut (P) Musa Samban serta pejabat di lingkup Lantamal X Jayapura. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024