Jayapura (Antaranews Papua)- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan Universitas Musamus Merauke.

Seremoni pemberian beasiswa kepada mahasiswa di dua kampus itu dipusatkan di Auditorium Uncen di Kota Jayapura, Jumat.

Manajer Tim Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Papua Yon Widiyono saat membacakan sambutan Kepala Kantor Perwakilan BI Papua mengatakan pemberian beasiswa itu bertujuan meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, daya saing bangsa, motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa.

"Juga untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat yang mempunyai prestasi/potensi akademik untuk dapat menempuh serta menyelesaikan pendidikan tinggi," ujarnya.

Adapun sasaran mahasiswa penerima beasiswa bagi mereka yang berprestasi dan berlatar belakang kurang mampu.

Melihat manfaat dan animo mahasiswa yang sangat besar, kata dia, kini Bank Indonesia menambah kuota.

"BI sangat peduli dengan dunia pendidikan di mana dalam pemberian beasiswa, BI telah aktif sejak 2014," ujarnya.

Untuk 2018, Bank Indonesia telah meningkatkan kuota penerima beasiswa dari 40 orang menjadi 50 orang per perguruan tinggi negeri (PTN).

"Tidak hanya sampai di situ, BI juga menambah jumlah nominal yang diperoleh dengan besaran yang cukup signifikan," katanya.

Satu hal yang lebih menarik lagi, tambah dia, program beasiswa BI tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup.

Mahasiswa penerima beasiswa BI juga diwadahi oleh komunitas yang bernama Generasi Baru Indonesia atau disingkat "GenBI", dimana GenBI ini akan memperoleh pelatihan secara berkala baik di dalam/luar Papua guna meningkatkan kompetensi individu yang berdaya saing. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024