Jayapura (Antaranews Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) setempat meningkatkan perannya pada setiap proses pembangunan di wilayah Bumi Cenderawasih.

Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua Elysa Auri, di Jayapura, Rabu, mengatakan mengingat anggaran pemerintah yang sangat terbatas, investasi pihak swasta dipandang penting dalam pembangunan bidang infrastruktur di Bumi Cenderawasih.

"Sejalan dengan itu, anggota Inkindo Papua diminta tak hanya terfokus pada pekerjaan pemerintah semata," katanya.

Menurut Elysa, Inkindo memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Provinsi Papua, melalui kiprah anggota organisasi yangn membangun kerja sama di semua jenjang pemerintahan.

"Oleh karenanya, sebagai pengguna jasa konsultasi, Pemprov Papua mengharapkan Inkindo terus meningkatkan profesionalismenya, agar memiliki daya saing tinggi, baik pada pekerjaan di dalam Papua maupun di luar Bumi Cenderawasih, bahkan luar negeri," ujarnya.

Dia menambahkan, jasa konsultasi pada hakikatnya merupakan jasa keahlian yang berperan dalam proses pembangunan, meliputi studi, tata ruang wilayah, perencanaan, pengawasan hingga evaluasi dan pertanggungjawaban suatu kegiatan pekerjaan.

"Di sisi lain, konsultan memegang peranan penting dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan, untuk itu, di masa mendatang peran konsultan nasional perlu ditingkatkan pada setiap proses pembangunan," katanya lagi.

Dengan demikian, kata Elysa, pelaksanaan pembangunan diyakini dapat berlangsung efektif dan efisien, berdaya dan berhasil guna serta pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas, baik hasil-hasil pembangunan maupun sumber daya manusia aparatur pelaksana pembangunan. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024