Jayapura (Antaranews Papua) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Papua membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk Pemilu 2019 di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PSI Papua Syaifudin M Songyanan mewakili Ketua PSI Papua Karmin Lasuliha di sekretariat partai di Kompleks Pasar Lama Abepura, Kota Jayapura, Selasa, mengatakan pembukaan pendaftaan sudah dilakukan sejak pertengahan Desember 2017 dan akan berakhir 31 Maret 2018.

"Sebenarnya pendaftaran sudah dibuka sejak akhir tahun lalu dan penutupannya diperpanjang hingga akhir Maret tahun ini," kata Syaifudin yang didampingi Ketua DPD PSI Kota Jayapura Danial dan sejumlah pengurus.

Menurut dia, langkah tersebut baru digaungkan secara resmi setelah PSI dinyatakan lolos sebagai salah satu kontestan pemilu 2019 bersama belasan partai lainnya, dengan harapan bisa merekrut caleg yang sesuai dengan trilogi partai, yakni menebar kebajikan, merawat keberagaman dan mengukuhkan solidaritas.

"Untuk animo yang ingin bergabung di PSI, cukup banyak, bahkan ada yang sudah nyatakan secara lisan ingin menjadi caleg diantaranya petinju Abdurahman, Jhon Mofu dan Sayid Fadhel Al Hamid," katanya.

Disinggung soal, caleg gagal dari partai lain yang ingin daftar ke PSI, Syaifudin yang akrab disapa Faten itu mengatakan partainya merupakan partai baru, tidak menutup diri, asalkan sesuai dengan aturan main partai.

"Tidak ada yang tertutup, kami terbuka bagi siapa saja, tentunya sesuai aturan partai. Kami tentunya ingin kuasai parlemen, minimal satu kader dari masing-masing dapil," katanya.

Hal senada diungkapan Danial yakni untuk proses perekrutan caleg dibuka secara umum, siapa pun boleh mendaftar tetapi harus melalui seleksi oleh tim juri independen.

"Untuk Kota Jayapura, itu sudah ada tujuh orang yang mendaftar, lima diantaranya adalah kader PSI, yaitu pengurus partai. Sisanya adalah orang luar partai, seperti Ibu Waromi yang tinggal di Dok IX, Distrik Japura Utara, yang sudah mendaftar," katanya. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024