Jayapura (Antaranews Papua) - Direktur Infrastruktur PT Pembangunan Perumahan (PP) M Toha Fauzi mengatakan pembangunan Jembatan Holtekam telah mencapai 95 persen.

"Jembatan sepanjang 732 meter itu diharapkan selesai Juli mendatang atau dua bulan lebih awal dari kontrak, " kata Toha Fauzi kepada wartawan di sela sela pemasangan span ii Jembatan Holtekam di Jayapura, Kamis.

Ia mengatakan setelah span jembatan sudah selesai dilakukan maka pembangunannya lebih mudah karena tinggal pengelasan, pengecoran dan penyelesaian akhir (finishing).

Pengelasan baru akan dilakukan Jumat (16/3) setelah span II benar benar berada dalam posisinya, dan pengangkatan span II diperkirakan memakan waktu sekitar empat jam.

"Mudah-mudahan pengangkatan span II berlangsung tanpa kendala apalagi cuaca cukup mendukung," kata Toha.

Sementara itu Wakil Walikota Jayapura Rustam Saru mengakui, pembangunan Jembatan Holtekam dapat memperpendek jarak bila masyarakat ingin ke perbatasan atau ke Kabupaten Keerom.

Keberadaan jembatan yang melintasi Teluk Humbold dapat memperpendek jarak tempuh sekitar 12 km dan nantinya akan menjadi ikon Kota Jayapura.

Pemkot Jayapura sendiri akan menyelesaikan tanggung jawab dengan membangun jalan penghubung ke jembatan sepanjang 300 meter dengan mengalokasikan dana Rp35 miliar, kata Rustam Saru.

Pengangkatan span I sudah dilakukan 21 Februari lalu. (*)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024