Sentani (Antaranews Papua) - Kepolisian Daerah Papua segera membangun Pos Polisi Air dan Udara (Polairud) di wilayah Kampung Komba, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, mengatakan proyek pengadaan pos Polairud itu ditargetkan terbangun di 2018.

"Kalau pembangunan maskas itu dibangun pada April 2018 maka ditargetkan selesai pada Oktober 2018 sudah selesai dibangun dan diresmikan," kata Boy setelah menghadiri acara pelepasan tanah pembangunan pos tersebut di Kampung Sereh Sentani.

Namun, jika pembangunannya agak terlambat maka paling telat pos itu akan diresmikan pada Desember 2018.

Boy mengatakan setelah pembangunan pos tersebut, pihaknya akan menempatkan dua kapal di pos baru itu.

Menyangkut personil, menurut dia, akan ditambahkan secara bertahap, akan tetapi sebelumnya akan ditempatkan satu regu dilengkapi dengan dua kapal yang nantinya digeser ke Danau Sentani.

Dia menjelaskan apabila ada perkembangan kedepan nantinya disesuaikan dengan kondisi yang ada karena cakupan wilayah pelayanan disekitaran Danau Sentani cukup luas.

Pembangunan pos ini dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat disekitar danau Sentani.

"Membiasakan upaya keselamatan diwilayah perairan danau Sentani, sangat penting," ujarnya.

Menurut Kapolda, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan pos itu sebesar Rp1,6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pos itu selain untuk menjaga keamanan di sekitar perairan danau Sentani, tapi juga untuk membangun kemitraan dengan masyarakat dan berbagai pihak. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024