Biak (Antaranews Papua) - Panglima Komando Sektor (Pangkosek) Pertahanan Udara Nasional (Hanudnas) IV Marsekal Pertama (Marsma) TNI Jorry S Koloay memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) dua Komandan Satuan Radar (Dansatrad), yang digelar di Biak, Kamis.

Kedua Dansatrad itu yakni Dansatrad 244 yang berbasis di Merauke, Provinsi Papua, dan Dansatrad 245 yang berbasis di Saumlaki, Provinsi Maluku.

Jabatan Dansatrad 244 Merauke diserahterimakan dari Letkol Lek Febri Eko Hadi P kepada pejabat baru Mayor Lek Ahmad Khotibul Umam.

Sedangkan jabatan Dansarad 245 Saumlaki diserahterimakan dari Mayor Lek Hera Himawan kepada Mayor Lek Gatot Wiseso ST.

Pangkosek Hanudnas IV Marsma Jorry S Koloay mengatakan serah terima jabatan pada prinsipnya mengandung dua makna penting.

Di satu sisi merupakan proses kesinambungan kepemimpinan dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsip dan antisipatif terhadap tantangan tugas ke depan karena perkembangan lingkungan yang selalu berubah.

Sedangkan sisi lain mutasi jabatan merupakan salah satu proses pembinaan personel guna memotivasi semangat untuk maju berkembang dalam kompetisi yang sehat dalam rangka melahirkan ide-ide yang cemerlang dan konseptual.

"Adanya sertijab ini untuk mendukung keberhasilan tugas pokok Satuan Radar dalam mengamankan dan mengawasi kedaulatan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Marsma Jorry berpesan kepada Komandan Satrad 244 dan 245 yang baru agar dapat cepat beradaptasi dengan tugas baru karena tugas pokok Komandan Satrad yang diembannya cukup berat.

Tugas yang berat diberikan kepada komandan Satrad 244 dan 245, lanjutnya, jika ditangani dengan profesional dan pemikiran yang cermat dan tepat maka tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Semua tugas bisa dijalankan dengan baik karena tidak terlepas dari adanya kerjasama serta peran seluruh anggota Satuan Radar dalam melaksanakan tugas di satuan," ujarnya.

Seusai prosesi sertijab, dilanjutkan juga dengan sertijab Ketua IKKT Pragati Wira Anggini ranting 004 Satrad 244 Merauke dari Ny Febri Eko Hadi P kepada Ny Khotibul Umam serta Ketua ranting 005 dari Ny Hera Himawan kepada Ny Gatot Wiseso dipimpin Ketua PWA cabang 06 Kosekhanudnas IV Ny Jerry S Koloay. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024