Biak (Antaranews Papua) - Kabupaten Biak Numfor akan mengutus 40 peserta lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Papua di Kabupaten Nabire yang akan dilaksanakan pada 2 Mei 2018.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Biak Numfor Hery Mulyana di Biak, Jumat, mengatakan peserta MTQ Provinsi Papua dari kafilah Biak Numfor merupakan hasil juara MTQ tingkat kabupaten yang digelar 26-29 Maret 2018.

"Saya optimistis peserta MTQ Kabupaten Biak Numfor dapat bersaing dengan kabupaten lain dalam meraih prestasi di ajang tingkat Provinsi Papua," katanya.

Berbagai cabang lomba MTQ yang akan diikuti, kata dia, diantaranya tilawah anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tartil Quran putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, serta hafalan Quran hifzil satu juz.

Cabang lomba lain MTQ Papua yang juga diikuti kafilah Biak, yakni cabang khot Quran, syarhil Quran, Fahmil Quran, dan cabang lomba makalah Quran.

Ia mengatakan bahwa LPTQ akan melakukan pemusatan latihan bagi peserta yang terpilih untuk persiapan mengikuti lomba MTQ tingkat Provinsi Papua.

Menyinggung soal target, Hery mengatakan bahwa pihaknya menargetkan juara umum meski persaingan dengan kafilah kabupaten/kota juga sangat ketat.

Ia menyebutkan dari data peserta qari/qariah yang akan dikirim kafilah Kabupaten Biak Numfor, pernah meraih prestasi di ajang STQ dan MTQ tingkat provinsi Papua yang diikuti 29 kabupaten/kota, di antaranya kategori tilawah anak, remaja, dan tilawah dewasa serta cabang fahmil Quran.

Berdasarkan data juara MTQ XXVII Biak yang akan mewakili kafilah Biak, di antaranya cabang tilawah dewasa putri diraih Nur Siti Atikah, tilawah remaja putra, tilawah remaja putri Jalus, juara Syarhil Quran perwakilan siswi SMA Negeri 1 Biak, dan Fahmil Quran dari Pondok Pesantren DDI Manoduw. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024