Timika (Antaranews Papua) - Dansatgas Terpadu Penanganan KKSB, Kolonel Infanteri Frits Pelamonia mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata di area distrik Tembagapura.

"Karena perbuatan mereka sudah diluar batas maka pimpinan kita perintahkan untuk kejar terus. Kita tetap mengejar mereka," kata Frits di Timika, Sabtu.

Selanjutnya menurut Frits, karena baru dua hari TNI menguasai kampung Aroanop maka anggota yang ada masih berjaga-jaga dan laksanakan patroli dalam rangka pengamanan terhadap KKSB yang mungkin akan mendekat lagi sewaktu-waktu.

"Harapan kita, di Aroanop akan bangun pos dan anggota kita TNI dan Polri akan mengamankan di situ sehingga rasa takut dan tidak nyaman masyarakat hilang sehingga aktivitas berjalan seperti biasa," ujarnya.

Selain itu menurut Frits aktifitas masyarakat di kampung Aroanop sudah kondusif sejak pada Kamis (19/4) berhasil direbut dan diduduki kembali oleh TNI. Masyarakat sudah beraktifitas sehari-hari seperti biasa.

Ia berharap agar KKSB mengehentikan tindakan kekerasan terhadap masyarakat seperti yang dilakukan di Aroanop dan beberapa kampung lain.

Tim pemukul TNI hingga Sabtu (21/4) masih berjaga-jaga dan belum ada rencana untuk menarik kembali tim pemukul. Hal tersebut dapat dimungkinkan jika situasi sudah benar-benar kondusif.(*)

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024