Asmat (Antaranews Papua) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merehabilitasi empat unit dermaga pelayaran rakyat di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua pada 2018.

Dermaga yang disasar yakni berada di Distrik Sawa Erma, Akat, Fayit dan Jetsy.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat Pieter Dallung di Asmat, Senin, mengatakan perbaikan sejumlah dermaga tersebut tentu sangat penting.

"Terutama untuk mendukung akses transportasi barang dan jasa dalam wilayah Kabupaten Asmat," ujarnya.

Selain diprogramkan oleh kementerian, kata Dallung, pihaknya juga memprogramkan perbaikan total satu dermaga yang terdapat di Distrik Sawa Erma.

"Kalau dari Dishub itu rehap total dermaga Sawa Erma. Sementara dari kementerian memprioritaskan pembangunan dermaga Sawa Erma, Akat, Fayit dan Jetsy," kata Pieter.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan telah mensurvei lokasi dermaga-dermaga tersebut.

Rehabilitasi empat dermaga itu dalam rangka mendukung pelayanan armada ASDP yang direncanakan berlayar dalam wilayah Kabupaten Asmat tahun ini juga.

"Perbaikan sejumlah dermaga ini guna mendukung pelayaran kapal ASDP dalam wilayah Asmat. Untuk itu dermaga-dermaga di distrik harus siap," ujarnya.

Selain ke empat dermaga itu, pemerintah juga akan memperbaiki dermaga di Ewer, Distrik Agats. Sebab rencananya kapal ASDP akan melayani Distrik Sawa Erma, Akat, Jetsy dan Fayit, termasuk Ewer.

"Pelayaran rakyat di Asmat memang sangat mahal, tarif antar distrik dengan menggunakan speed atau longboat bisa mencapai jutaan. Oleh karena itu, pemerintah daerah berjuang menghadirkan kapal ASDP," ucapnya. (*)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024