Biak (Antaranews Papua) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, merampungkan pencetakan sebanyak 95 ribu lembar surat suara pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni 2018, di percetakan BAT Ciawi Bogor, Jawa Barat.

"Surat suara pilkada yang selesai dicetak sebanyak 95 ribu dengan rincian 93.372 pemilih tetap serta ditambah surat suara cadangan 2,5 persen," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor Jackson S Maryen, di Biak, Selasa.

Jackson mengatakan dua hari ke depan surat suara yang selesai dicetak KPU di pecetakan BAT Bogor akan dikirim ke Kabupaten Biak Numfor untuk dilakukan pelipatan.

Proses pengiriman surat suara pilkada serentak itu akan dikawal petugas pengamanan KPU serta anggota panitia pengawas pilkada Simon Mandowen.

"Saya pastikan pengiriman surat suara pilkada Bupati dan Wakil Bupati dari Bogor ke KPU Biak akan dikawal ketat aparat penegak hukum dan Panwaslu," ujarnya.

Jackson Maryen mengakui surat suara dicetak di percetakan BAT Bogor karena perusahaan itu merupakan pemenang tender nasional yang dilakukan KPU.

Disinggung kualitas kertas surat suara, menurut Jackson Maryen, karena pemenang tender harus memiliki spesifik khusus maka percetakan surat suara akan memperhatikan beberapa kreteria termasuk dapat dijaga keasliannya.

"Saya harapkan dengan selesainya percetakan surat suara maka proses tahapan pilkada serentak dipastikan berjalan sesuai jadwal," ujar Jackson Maryen.

Sejauh ini, aktivitas di sekretariat KPU Jalan Tanjung Kirana Mandouw mendapat penjagaan ketat personel Polres Biak Numfor, dengan membuka pos jaga di pintu masuk kantor KPU. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024