Jayapura (Antaranews Papua) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua, mengagendakan pelaksanaan vaksinasi measles rubella (MR) untuk menangkal penyakit campak dan rubella secara massal, pada Agustus dan September 2018 di sekolah-sekolah dan fasilitas pelayanan kesehatan.

"Pada Agustus 2018 akan dilakukan imunisasi campak dan rubella disekolah-sekolah pada setiap tingkatan di Provinsi Papua," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinkes Provinsi Papua, Aaron Rumainum di Jayapura, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan di sekolah ini dimulai dari sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD), tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan sederajat.

Pada September 2018 imunisasi campak dan rubella akan dilaksanakan difasilitas pelayanan kesehatan yakni di pustu, polindes, posyandu, puskesmas dan rumah sakit.

Dia menambahkan, klinik-klinik yang ada di pedalaman Papua juga akan dilibatkan dalam pelaksanaan imunisasi massal ini.

"Imunisasi massal MR ini akan melibatkan sektor lain, seperti institusi pendidikan yakni dinas pendidikan kabupaten/kota," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai mengatakan pihaknya menargetkan kurang lebih satu juta anak mendapatkan vaksinasi MR.

"Satu juta anak yang ditargetkan itu wajib kita lakukan imunisasi campak dan rubella," katanya.

. Aloysius menambahkan, vaksinasi ini sangat baik guna mencegah kasus-kasus KLB yang bakal terjadi kini sudah diantisipasi dan dicegah sejak dini. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024