Sentani (Antaranews Papua) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Provinsi Papua dan sekitarnya sejak Rabu (6/7) malam hingga Kamis sore menyebabkan tanah longsor menutupi badan jalan di Sentani.

Informasi dihimpun Antara, Kamis sore, tanah longsor terjadi di ruas jalan Abepura-Sentani tepatnya di Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur sejak Kamis pagi.

Anggota Polsek Sentani Timur turun tangan ikut membersihkan longsoran material yang menutupi sebagian badan jalan.

Pembersihan dipimpin langsung oleh Kapolsek Sentani Timur AKP Lambertus L. Sattu bersama tiga anggotanya. Mereka membersihkan material longsoran dengan menggunakan alat seadanya.

Akibat hujan deras sejak Rabu malam hingga Kami pagi menyebabkan longsoran material batu dan pasir menutupi badan jalan.

Peristiwa alam itu mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas dimana kendaraan yang hendak ke arah Sentani tujuan Abepura tepatnya bekas galian c setelah Mapolsek Sentani Timur lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatannya.

Kapolsek Sentani Timur Iptu Lambertus L. Sattu ketika dikonfirmasi dari Sentani, Kamis, mengatakan setelah kurang lebih satu jam pembersihan dengan menggunakan alat seadanya berupa sekop berhasil membersihkan material longsor.

"Kami dapat membersihkan material longsoran yang sebagian menutupi badan jalan, terpantau arus lalu lintas sudah berjalan lancar," katanya.

Lambertus mengatakan, longsoran dilokasi itu selalu terjadi apalagi saat hujan deras, pasti kembali longsor.

"Kami berharap ada kepedulian dari instansi terkait, karena hal ini juga dapat membahayakan para pengendara nantinya," ujarnya.

Dia megimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian dari arah Sentani Abepura ataupun sebaliknya, apabila saat cuaca hujan, agar lebih berhati - hati.

"Kita tahu sendiri jalan yang ada di Sentani Timur, kanan-kirinya merupakan tebing yang sewaktu - waktu bisa saja terjadi longsoran," tambah dia. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024