Wamena (Antaranews Papua) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua memastikan akan terjadi penambahan lima orang anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) pada pemilu legislatif 2019.

Ketua KPU Yalim,o Yanes Alitnoe di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan setelah pemilu 2019 maka jumlah keseluruhan anggota dewan di Yalimo adalah 25 orang.

Beberapa tahapan pemilu legislatif 2019 yang sudah dilakukan oleh KPU misalnya penetapan dan pembagian dapil serta uji publik.

"Berdasarkan data pemerintah DAK2 Yalimo 2017, itu naik adalah 118,829 sehingga otomatis terjadi penambahan lima kursi," kata Yanesa.

Sebelumnya hanya terdapat dua daerah pemilihan (Dapil) di Yalimo yaitu dapil satu yang terdiri atas 10 kursi dan dapil dua 10 kursi di DPR, namun pada pemilu 2019 akan ditambah lagi satu dapil.

"Di Yalimo akan ada tiga dapil. Jadi dapil satu adalah Elelim dan Apalapsili tujuh kursi, dapil dua adalah Benawa dan Welarek sembilan kursi dan dapil tiga adalah Distrik Abenaho yang terdiri dari sembilan kursi, sehingga totalnya 25 kursi," katanya.

KPU Yalimo telah menetapkan jumlah pemilih pada daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 sebesar 85,652 orang.

Pada pemilu 2019 mendatang, akan terjadi penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dari yang sebelumnya berjumlah 302 naik menjadi 411. (*)

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024