Biak (Antaranews Papua) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun anggaran 2018 menargetkan pengajuan penerbitan sebanyak 400 kartu tani kepada Kementerian Pertanian.

"Manfaat dari kepemilikan Kartu Tani di antaranya memperoleh kepastian ketersediaan sarana produksi pertanian (saprotan) bersubsidi/non-subsidi, termasuk distribusi pupuk bersubsidi," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Biak I Made Suaryadana di Biak, Senin.

Made menyebut keuntungan lain dengan Kartu Tani mendapatkan kemudahan akses pembiayaan bank BUMN melalui skema kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga terjangkau.

Kemudahan lain kepemilikan kartu tani, tambahnya, pemilik Kartu Tani juga bisa mendapatkan kemudahan subsidi dari program-program yang dijalankan berbagai kementerian hingga memperoleh kemudahan penjualan hasil panen.

Sedangkan bagi pihak bank, dengan adanya kartu tani bisa memiliki database calon nasabah prospektif.

"Bahkan bank bisa memproyeksi kebutuhan kredit di sektor pertanian serta mengetahui apa saja potensi pertanian di tiap daerah untuk digarap," katanya.

Ia berharap target 400 penerbitan kartu tani di Kabupaten Biak Numfor dapat terealiasi sehingga akan mempermudah petani dalam mendapatkan fasilitas bantuan pemerintah.

Berdasarkan data penerbitan 400 kartu tani di Kabupaten Biak Numfor akan dilakukan validasi? dari 257 kampung di 19 distrik.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024