Jayapura (Antaranews Papua) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Aceh, mengakhiri kegiatannya di Provinsi Papua, dengan mengikuti upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI khusus untuk karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Terminal BBM Jayapura, Jumat pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PT Pertamina (Persero) Gigih Prakoso, yang dihadiri perwakilan dari perusahaan BUMN yang ada di Jayapura.

Para peserta SMN asal Aceh tampil menggunakan seragam sekolah putih abu-abu, dan menempati barisan paling kanan.

Sebelumnya pada Kamis (16/8) malam, peserta SMN Aceh itu dilepas untuk kembali ke daerahnya oleh Staf Khusus Menteri BUMN Judith Jubiliana Navarro Dipodiputro, VP Corporate Comunication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito dan Direktur Keuangan Perum Damri Sri Purwanto.

Sebanyak 26 pelajar dari Aceh itu telah berada di Jayapura, Papua, sejak 11 Agustus 2018.

Sejauh ini mereka telah mengikuti berbagai kegiatan seperti pelatihan jurnalistik dan media sosial (medsos), bedah buku "Cerita Nusantara Kami", acara penyambutan, mengunjungi Danau Love, menginap di Rindam XVII Cenderawasih, dan berbelanja di pasar Mama-Mama Papua.

Mereka dikoordinir oleh PT Pertamina (persero) dan Perum Damri selaku BUMN person in Charge (PiC) dan Co PiC, atau penanggung jawab program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Papua.

  Peserta SMN Aceh (seragam sekolah putih abu-abu), saat mengikuti upacara bendera memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI, bersama karyawan BUMN di Papua, yang dipusatkan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Jayapura, Jumat (17/8). (Antaranews Papua/Anwar)

Peserta SMN Aceh itu juga telah melakukan aksi bersih-bersih pantai Dok II, berkunjung ke Kampung Asei dan Rumah kreatif BUMN milik BNI, serta bertemu dengan Wali Kota Jayapura.

Para siswa Aceh juga sudah berkunjung ke SM YPKK Taruna Dharma, Museum Antropologi Uncen dan SMA PGRI 1 Jayapura.

Sebelum bertolak ke Aceh yang dijadwalkan Sabtu (18/8) pagi, sisa waktu seharian ini akan dipergunakan untuk bereakreasi di kawasan tapal batas Republik Indonesia (RI)- Papua Nugini (PNG) di sektor selatan Papua yakni Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024