Jayapura (Antaranews Papua) - Sekitar 500 warga dari berbagai kalangan menghadiri deklarasi bersama pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019 aman damai, yang dipusatkan di Taman Imbi, Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Deklarasi yang dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin, Ketua Bawaslu Papua Metusalak Infandi, Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Nyoman Chantiasa, Kejati Papua Sugeng dan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano itu, ditandai dengan penandatanganan deklarasi di atas kain sepanjang 100 meter.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin dalam sambutannya mengajak agar masyarakat tetap menjaga keamanan hingga terlaksananya pilpres dan pileg berlangsung aman, damai dan tertib.

"Jangan sampai terjadi konflik sosial terjadi di antara masyarakat akibat saat pilpres dan pileg berbeda calon yang didukung," ujar Sormin seraya berharap tidak terjadi pertumpahan darah gara-gara politik.

Selain itu, jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita hoaks yang kini banyak beredar, ucap Irjen Pol?Sormin.

Ketua Bawaslu Papua Metusalak Infandi pada kesempatan itu meminta dukungan dari seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif mengawasi setiap tahapan pemilu.

Pengawasan bukan hanya tanggung jawab bawaslu karena itu masyarakat yang memiliki hak politik?diharapkan membantu mengawasi sehingga setiap pelanggaran dapat diatasi bersama, tutur Infandi.

Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Nyoman Chantiasa mengatakan, TNI siap membantu polri mengamanan pelaksanaan pilpres dan pileg hingga berlangsung aman.

Jangan sampai ada konflik di masyarakat sehingga mari bersama sama menjaga agar pesta demokrasi di 2019 dapat berlangsung aman, kata Brigjen TNI Chantiasa.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024