Biak (Antaranews Papua) - Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor menggandeng Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua untuk pembinaan kelompok nelayan di Kampung Binyeri, Distrik Yendidori, terutama terkait penguasaan keterampilan dan manajemen pemasaran hasil tangkapan mereka.

Sekretaris Dinas Perikanan Biak Numfor Harun Saman di Biak, Jumat, mengatakan program dari BI Papua itu untuk menjadikan kelompok nelayan setempat tangguh dan mandiri dalam menjalankan usaha penangkapan ikan.

"Ada empat kelompok nelayan di Kampung Binyeri yang sudah mendapatkan pembinaan Bank Idonesia untuk pelatihan manajemen dan pemasaran hasil tangkap perikanan," kata dia.

Ia mengakui kekayaan sumber daya alam di sepanjang perairan Kampung Binyeri menjadi tempat potensial untuk menangkap ikan.

Harun mengakui sebagian suplai ikan setiap hari ke pasar kota Biak berasal dari kelompok nelayan Kampung Binyeri.

Hasil tangkapan ikan mereka, kata dia, telah menjadi fokus untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan pemasaran lokal dan ekspor.

"Ya adanya potensi perikanan nelayan Kampung Binyeri menjadi peluang bisnis ekonomi masyarakat lokal yang harus didorong bersama," katanya.

Selain pelatihan keterampilan dan pembinaan manajemen pemasaran, BI Papua juga melaksanakan kelompok diskusi terpumpun guna menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai klaster perikanan di Papua.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024