Timika (Antaranews Papua) - Manajemen PT Mitra Indimatam Nusantara selaku distributor resmi PT Pertamina (Persero) memastikan stok Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Timika ?memadai untuk memenuhi kebutuhan warga sampai hari raya Natal hingga Tahun Baru 2019.

Manajer Marketing PT Mitra Indimatam Nusantara Syarifuddin Ahmad di Timika, Kamis, mengatakan dalam waktu dekat akan tiba kapal pengangkut LPG dari Makassar dengan membawa 10.786 tabung LPG ukuran 12 kilogram ditambah bright gas 5,5 kilogram dan ukuran 50 kilogram masing-masing sekitar 500 tabung.

"Mudah-mudahan cuaca bersahabat agar kapal tiba tepat waktu. Kapal diperkirakan tiba di Pelabuhan Paumako Timika selambat-lambatnya pada Minggu (18/11)," kata Syarifuddin.

Ia mengatakan kini masih tersedia stok LPG berbagai ukuran di gudang milik PT Mitra Indimatam Nusantara di kawasan Nawaripi Timika.

Satu kapal lainnya juga akan menyusul berlayar dari Makassar ke Timika dengan mengangkut LPG sekitar 3.000 tabung.

Syarifuddin memperkirakan stok LPG di Timika nantinya mampu memenuhi kebutuhan warga hingga akhir Januari 2019.

"Kami sudah memperhitungkan lonjakan kebutuhan warga jelang Natal dan Tahun Baru," jelasnya.

Pihak Mitra Indimatam Nusantara memprioritaskan?ketersedian stok LPG ukuran 12 kilogram mengingat mahoritas konsumen di Timika menggunakan LPG ukuran tersebut.

Sementara kebutuhan warga untuk LPG ukuran 50 kilogram dan bright gas 5,5 kilogram sedang tumbuh seiring meningkatnya tingkat perekonomian warga Timika.

Beberapa waktu lalu stok LPG berbagai ukuran Timika kosong hampir sekitar dua pekan lantaran kapal pengangkut LPG dari Makassar mengubah rute pelayaran di tengah laut menuju Merauke dan selanjutnya baru berlayar ke Agats Asmat dan Paumako Timika.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024