Timika (Antaranews Papua) - Para pihak di Kabupaten Mimika menyatakan kesiapannya sebagai penyelenggara Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju Amatir Tingkat Elit se Papua yang akan berlangsung 22-28 November 2018 di Timika.

Ketua Panitia Kejurda Tinju Papua Johannes Rettob di Timika, Minggu, mengatakan kejuaraan itu akan mempertandingkan 18 kelas putra-putri dan memperebutkan 72 medali (18 emas, 18 perak dan 36 perunggu).

"Atlet yang akan bertanding berasal dari 26 kabupaten di Provinsi Papua. Hanya tiga kabupaten yang tidak ikut yaitu Keerom, Pegunungan Bintang dan Mappi," jelas Johannes.

Menurut dia, Kejurda Tinju tersebut akan dibuka oleh Ketua Pengda Pertina Provinsi Papua Klemen Tinal yang juga merupakan Wakil Gubernur Papua pada Rabu (21/11) bertempat di Gedung Eme Neme Yauware Timika.

Bersamaan dengan itu, akan dilantik pengurus Pengcab Pertina dari lima kabupaten, termasuk Pengcab Pertina Kabupaten Mimika.

Adapun pelaksanaan Kejurda Tinju Papua ini akan digelar di gedung Stadion Indoor Mimika Sport Centre, Jalan Caritas-SP2 Timika.

Untuk diketahui, fasilitas Mimika Sport Centre yang mencakup Stadion Indoor dan Stadion Atletik merupakan salah satu venue yang akan digunakan untuk mempertandingkan sejumlah cabang olahraga pada penyelenggaraan PON 2020 di Provinsi Papua.

Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, panitia membatasi penonton yang akan masuk menonton pertandingan tinju Kejurda Papua tersebut.

"Semua penonton yang akan masuk ke Mimika Sport Centre wajib membeli tiket yang telah disiapkan panitia. Penonton tidak boleh merokok di dalam ruangan, tidak boleh makan pinang dan tidak boleh makan-minum selama berada di arena pertandingan. Ini kami lakukan untuk mencegah terjadi hal-hal yang kita tidak kehendaki bersama sebab pengalaman sebelum-sebelumnya pertandingan tinju selalu berakhir dengan kericuhan," jelas Johannes.

Wakil Bupati Mimika terpilih periode 2018-2023 itu menambahkan, kegiatan Kejurda Tinju Papua tersebut untuk mencari bibit-bibit atlet tinju berkualitas yang akan dibina lebih lanjut melalui Peltnas Daerah (Pelatda) Papua untuk ikut dalam PON 2020.

Petinju dari Kabupaten Mimika akan tampil pada seluruh kelas pertandingan yaitu 18 kelas, terdiri atas 10 petinju putra dan delapan petinju putri.

Beberapa kontingen lain seperti kontingen dari Kabupaten Asmat dan Kabupaten Yapen sudah berada di Timika.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024