Wamena (Antaranews Papua) - Wakil Bupati Jayawijaya, Papua, John R Banua meminta manajemen dan petugas di RSUD Wamena agar dapat memperhatikan peningkatan kebersihan lingkungan rumah sakit.

"Padahal kondisi rumah sakit dipantau tim akreditasi, tapi faktor kebersihan tampaknya tidak terlalu diperhatikan pengelola RSUD Wamena," ucap Wabup John Banua saat berkunjung ke RSUD tersebut, Senin.

Ia mengatakan ada banyak sarang dan laba-laba serta beberapa kaca RSUD tampak berdebu dan tidak pernah dibersihkan.

"Kita harus jaga kebersihan dengan baik karena masih banyak laba-laba, debuh di kaca. Bagaimana kita mau menerima tim akreditasi. Ketika orang masuk ke sini, penilaian pertama adalah kebersihan baru mereka melihat lain-lain," katanya.

Ia mengimbau seluruh petugas RSUD dapat bersama-sama melakukan pembersihan menghadapi akreditasi.

"Hari ini saya minta petugas yang tidak bertugas, bisa fokus dengan kebersihan di kantor maupun ruangan kerja dan bangsal," katanya.

John Banua juga mengajak pasien RSUD dan pengantar pasien untuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat sebab hal itu bisa berdampak terhadap kesehatan pasien yang dalam masa penyembuhan.

Ia mengatakan sudah aturan atau larangan yang dikeluarkan oleh manajemen RSUD bagi setiap pengunjung untuk menjaga kebersihan.

"Kita harap kalau masyarakat datang untuk berobat, bisa fokus berobat. Jangan datang merokok dan makan pinang karena banyak sekali ludah pinang dan puntung rokok di lingkungan rumah sakit," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024