Biak (Antaranews Papua) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan 50 unit bus untuk melayani transportasi atlet PON XX tahun 2020 di Papua.

"Hasil rapat koordinasi dengan Dishub Papua dan Kementerian Perhubungan kebutuhan angkutan atlet PON 2020 sudah diprogramkan, ya kami butuh bus sebanyak 50 unit," kata Kepala Dishub Kabupaten Biak Numfor Fransisco Olla di Biak, Senin.

Ia mengakui Biak sebagai salah satu klaster penyelenggara PON ke-20 tahun 20202 di Papua harus menyiapkan angkutan atlet secara penuh 24 jam selama "event" PON berlangsung.

Kadishub Olla mengakui untuk memenuhi kebutuhan bus angkutan tambahan pihak Pemkab Biak Numfor sudah mengajukan permintaan kepada Kementerian Perhubungan dan Pemprov Papua.

"Transportasi yang disiapkan penuh untuk melayani atlet bertanding dari setiap venue PON, ya ini merupakan agenda Nasional olahraga sehingga Dishub Biak harus menyiapkan semua fasilitas angkutan atlet dan official PON 2020," ujarnya.

Selain bus angkutan dari Pemkab, menurut Kadishub Olla, ada puluhan bus Damri, bus dinas pendidikan, dan bus satuan TNI/Polri yang juga sudah disiapkan untuk melayani atlet PON 2020.

Kadishub Olla berharap selama "event" pertandingan PON 2020 Papua berlangsung di klaster Biak Numfor semua fasilitas angkutan atlet tetap menjadi prioritas untuk dipenuhi jajaran Dishub Biak Numfor.

Berdasarkan data, Biak menjadi salah satu klaster penyelenggara pertandingan PON ke-20 tahubn 2020 Papua dengan cabang olahraga hoki, terjun payung, paramotor, sepak bola.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024