Jakarta (Antaranews Papua) - Pelatih tim sepak bola Bhayangkara FC Simon McMenemy mengatakan, keberhasilan skuatnya menaklukkan Persipura dengan skor 2-0 pada laga pekan ke-31 Liga 1 Indonesia, Senin (19/11) malam, karena disiplin dengan taktik.

Dua gol Bhayangkara dalam laga yang digelar di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta itu, dibuat oleh Alsan Sanda (74') dan Herman Dzumafo (82').

Simon mengatakan pemain Bhayangkara dianggap mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan taktik, termasuk ketika menggeser posisi Alsan Sanda ke gelandang sayap kanan dari bek kanan di babak kedua.

"Kami sudah melatih perubahan taktik dalam persiapan selama seminggu lalu. Saya senang dan bangga pemain mampu menuntaskan laga dengan kemenangan," ujar Simon usai laga kontra Persipura.

Menurut dia, otak-atik taktik itu terpaksa dilakukan karena strategi di babak pertama, meski berjalan dengan baik, tak mampu menghadirkan gol. Absennya "playmaker" andalan Paulo Sergio juga menjadi alasan di balik tumpulnya Bhayangkara di paruh perdana.

Kemudian, kondisi lapangan yang tidak bagus juga membuat Simon McMenemy memajukan Alsan Sanda, yang memiliki kecepatan lari mumpuni, ke depan.

"Yang pasti kami harus mencari cara untuk menang," ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Kemenangan atas Persipura membuat Bhayangkara semakin kokoh di posisi keempat klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan 49 poin.

Bhayangkara yang menyisakan tiga laga terakhir di Liga 1 Indonesia yakni menghadapi Persebaya di laga tandang serta PSM Makassar dan Bali United di pertandingan kandang berhasrat bertahan di papan atas dan menginginkan peringkat tiga besar.

"Kami harus mampu meraih hasil positif di laga sisa agar dapat bersaing di papan atas," ujar bek Bhayangkara Dany Saputra.

Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024