Jakarta (Antaranews Papua) - Dua klub ibu kota, Real Madrid dan AS Roma, memastikan tiket ke fase gugur Liga Champions setelah memainkan pertandingan putaran kelima Grup G pada Rabu dini hari WIB.

Kedua tim tersebut memastikan langkah mereka, bahkan sebelum pertandingan dimulai, setelah CSKA Moskow dipaksa takluk 1-2 oleh tamunya Viktoria Plzen dalam laga yang dimainkan lebih awal.

Madrid memuncaki klasemen berkat kemenangan 2-0 mereka di kandang Roma. Tambahan tiga poin dari Stadio Olimpico ini membuat sang juara bertahan nyaman di puncak klasemen dengan 12 poin.

Sedangkan bagi Roma, kekalahan ini memutus catatan delapan kemenangan beruntun di kandang di kancah Eropa dan membuat mereka tertahan di peringkat kedua dengan sembilan poin.

Madrid dan Roma menuju pertandingan ini dengan sama-sama mengoleksi sembilan poin, namun keduanya menelan kekalahan yang mengejutkan di liga domestik pada akhir pekan, klub Italia itu kalah 0-1 di markas tim papan bawah Udinese sedangkan Madrid dihantam 0-3 oleh tim papan tengah Eibar.

Roma tidak diperkuat penyerang Edin Dzeko yang cedera, pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini dengan koleksi lima gol, dan absennya pemain Bosnia itu begitu terasa pada babak pertama.

Kiper Real Thibaut Courtois memblok upaya Patrick Schick dari jarak dekat sebelum Aleksander Kolarov melepaskan sepakan jarak jauh yang melebar, namun Cengiz Under menyia-nyiakan peluang terbaik sebelum turun minum ketika ia melepaskan tembakan yang melambung dari jarak dekat.

Tim tuan rumah harus membayar kegagalan-kegagalan itu ketika Real membuka keunggulan pada menit kedua babak kedua, saat pemain Wales Bale merebut bola sundulan Federico Fazio, sebelum mengarahkan bola ke sudut gawang.

Pasukan Santiago Solari menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-60. Bale mengirim umpan silang melengkung dan Karim Benzema menyodorkannya kepada Vazquez untuk disambar menjadi gol.

Hal itu membuat Roma terguncang dan tim tamu mengancam untuk mencetak gol ketiga, di mana Marcelo dan Benzema menguji kiper Robin Olsen yang mengawal gawang Roma.

Hasil ini mengakhiri laju delapan pertandingan kandang tanpa terkalahkan di Liga Champions untuk Roma, ketika Real menjadi tim tandang pertama yang membawa kemenangan di Olimpico pada kancah Eropa sejak Porto melakukannya pada Agustus 2016.

Harapan CSKA untuk melaju ke fase gugur sirna akibat kekalahan dari Viktoria, yang membuat mereka berada di peringkat keempat dengan empat poin. Sedangkan Viktoria, hasil ini membuka peluang bagi mereka untuk tetap berkompetisi di Eropa, di Liga Europa, sebab mereka kini telah mengumpulkan empat poin.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, CSKA harus memenangi pertandingan itu untuk memelihara peluang mengamankan posisi di dua besar, di mana baik Madrid dan Roma memiliki sembilan poin dan akan bertemu pada pertandingan yang dimainkan lebih larut di Roma, dan klub ibukota Rusia itu membuka keunggulan pada menit ke-10 melalui penalti Nikola Vasic setelah Lukas Hedja menjatuhkan Georgi Shchnnikov.

Bek Rusia itu kemudian membuat timnya harus dihukum penalti sebelum turun minum karena pelanggarannya terhadap Radim Reznik. Bagaimanapun, kiper Rusia di Piala Dunia Igor Akinfeev bergerak ke kanan untuk menggagalkan sepakan lemah Roman Prochazka.

Prochazka menebusnya saat ia menaklukkan Akinfeev dengan penyelesaiannya ke sudut kanan atas sepuluh menit setelah turun minum, sebelum Hedja mencetak gol saat ia menanduk umpan silang Patrik Hrosovsky untuk melengkapi kebangkitan Plzen.

Kekalahan pertama CSKA dari tim Ceko di kandang sendiri membuat Plzen bergabung bersama mereka dengan koleksi empat poin di grup, di mana keduanya akan bersaing untuk mengamankan peringkat ketiga sekaligus tiket ke Liga Europa.

Pada pertandingan-pertandingan putaran terakhir grup yang akan berlangsung pada 13 Desember, Roma akan bertandang ke markas Viktoria, sedangkan Madrid menjamu CSKA.

Berikut hasil rangkaian pertandingan pekan kelima Grup G Liga Champions seturut laman resmi UEFA:

CSKA Moscow 1 (Nikola Vlasic 10' PEN) - Viktoria Plzen 2 (Roman Prohacka 56', Lukas Hejda 81')
AS Roma 0 - Real Madrid 2 (Gareth Bale 47', Lukas Vazquez 59')

Klasemen Grup G
Tim M M I K Gol P
1 Real Madrid 4 3 0 1 10-2 9
2 AS Roma 4 3 0 1 10-4 9
3 CSKA Moscow 4 1 1 2 4-7 4
4 Viktoria Plzen 4 0 1 3 3-14 1.

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024