Jayapura (Antaranews Papua) - Manajemen PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua telah mengambil langkah untuk mengantsipasi terjadinya lojakan konsumsi BBM terkait momentum libur panjang saat perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

General Manager Pertamina MOR VIII Iin Febrian, di Jayapura, Senin, menjelaskan penyaluran "gasoline" (bensin) di periode tersebut diprediksi mengalami kenaikan sebesar 6,3 persen dibandingkan penyaluran normal karena adanya peningkatan aktivitas kendaraan roda 2 dan roda 4.
     
Kemudian pada produk "gasoil" (bahan bakar diesel) mengalami peningkatan  sekitar 10,6 persen dikarenakan adanya antisipasi dari PLN untuk dapat menjaga kestabilan penyaluran untuk pembangkit tenaga diesel yang berada pada wilayah Marketing Operation Region VIII.
     
Juga "kerosene" (minyak tanah) mengalami kenaikan 5,5 persen yang berasal peningkatan kebutuhan masyarakat (operasi pasar) maupun segi industri (IRT).
     
"Untuk avtur (bahan bakar pesawat terbang) mengalami kenaikan 9,9 persen dikarenakan aktivitas maskapai meningkat. Sedangkan konsumsi LPG baik di restoran dan perhotelan meningkat menjelang Libur Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, sehingga stok LPG ditingkatkan hingga 23 persen," ujarnya.
     
Iin mengatakan Pertamina MOR VII juga telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) BBM dan LPG yang mulai aktif bekerja sejak 29 November 2018 dan akan berakhir pada tanggal 8 Januari 2019.
     
Pertamina juga memastikan seluruh Terminal BBM beroperasi selama periode Satgas guna  menjaga kehandalan sarana dan fasilitas Penerimaan, Penimbunan dan Penyaluran BBM di seluruh lokasi.
     
"Kami menyiapkan 20 mobil tangki industri yang siap untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan dan overtime mobil tangki reguler untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pengiriman BBM," kata dia.
     
Pertamina juga bekerja sama dengan bank persepsi untuk tetap memberikan layanan selama periode libur Natal dan Tahun Baru,  serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah, TNI, POLRI, dan Hiswana Migas untuk kelancaran di periode satgas.

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024