Biak (Antaranews Papua) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, bekerja sama dengan Perum Bulog Sub Divisi Regional Biak menargetkan distribusi program bantuan beras sejahtera (rastra) akan rampung 100 persen pada 20 Desember 2018.

"Sisa lima distrik yang masih proses merampungkan penyaluran bansos rastra yakni distrik Biak Utara, Biak Barat, Yawosi, Oridek dan distrik Biak Utara, saya optimistis pada tahun ini program bansos berjalan lancar sesuai jadwal," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Biak Numfor Djoni Karel Rumpaidus di Biak, Rabu.

Djoni Rumpaidus mengharapkan para kepala distrik sebagai penanggungjawab pengelola rastra di lima distrik diharapkan dapat menyelesaikan permintaan penyaluran bansos non tunai rastra sehingga warga penerima manfaat dapat menikmatinya di Hari Raya Natal 25 Desember 2018.

Menyinggung kendala distribusi rastra di Biak, ia mengatakan untuk penyaluran dari gudang Bulog kepada titik sasaran ditangani Perum Bulog sebagai penyalur program bansos rastra.

Sedangkan untuk distribusi rastra dari titik sasaran kantor distrik/kecamatan setempat ke kampung-kampung, sepenuhnya ditanggung pemerintahan kampung setempat karena tidak adanya dana talangan yang disediakan pemkab Biak Numfor.

Djoni Rumpaidus berharap di tahun anggaran 2019 Pemkab Biak Numfor dapat mengalokasikan dana operasional untuk distribusi rastra ke berbagai kampung sehingga bisa mempercepat penyaluran ke kelompok penerima manfaat yang tersebar di 19 distrik dan 257 kampung serta delapan kelurahan.

"Ya dengan ketiadaan dukungan dana operasional dari pemkab Biak Numfor, program bansos rastra ini dapat berjalan di berbagai kampung," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bulog Subdivre Biak Numfor Amirullah mengatakan penyaluran bantuan sosial non tunai berupa rastra akan rampung pada Desember 2018.

"Perum Bulog Subdivre Biak terus berkordiasi dengan Kadis Sosial Biak untuk menuntaskan bansos rastra tahun 2018 pada pertengahan Desember ini, "demikian ungkap Kasubdivre Bulog Biak Amirullah.

Berdasarkan data distribusi ribuan warga penerima manfaat program Bansos Rastra di Kabupaten Biak Numfor tahun 2018 secara gratis mendapat bantuan beras sejahtera dengan jumlah 10 kilogram untuk penerima manfaat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024