Jayapura (ANTARA News Papua) - Konselor Pembangunan Kedutaan Besar Selandia Baru, Mehaka Rountree mengunjungi Provinsi Papua untuk mempererat tali silahturahmi yang sudah terjalin selama 60 tahun dengan Pemerintah Indonesia.

Mehaka di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya sangat kagum dengan Papua dan bertemu dengan warganya yang ramah, dimana mengingatkannya kembali dengan keramahan penduduk di wilayahnya.

"Respons saya sangat positif dalam membangun komunikasi dan hubungan, dimana Selandia Baru memiliki fasilitas pendidikan terbaik di dunia berupa sekolah serta universitas," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya merasa sangat bangga jika dapat mendukung pembangunan sumber daya manusia di Indonesia diberbagai bidang seperti pendidikan, pertanian, pelayanan publik dan lain sebagainya.

"Bahkan kami sangat senang jika warga Indonesia belajar di Selandia Baru sehingga ketika pulang dapat membawa ilmu tersendiri untuk dikembangkan di daerahnya," ujarnya.

Dia menerangkan selain itu pihaknya memberikan kesempatan kepada putra dan putri Papua untuk memperoleh beasiswa dari Pemerintah Selandia Baru untuk belajar di negaranya guna memperkuat hubungan dengan Indonesia.

"Kami tidak hanya memberikan kesempatan beasiswa tapi juga pelatihan untuk masyarakat di Provinsi Papua," tambahnya.

Dia menyebutkan Selandia Baru mempunyai hubungan yang spesial dengan Indonesia dan seluruh provinsinya termasuk Papua selama 60 tahun ini dan merasa senang dapat bekerja sama serta berbagi pengalaman berharga.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024