Jayapura (ANTARA News Papua) - Satuan patroli Lantamal X Jayapura berhasil mengamankan narkotika jenis ganja seberat 1,5 kilogram (KG) di laut antara perbatasan RI dan Papua Nugini (PNG), pada Selasa dini hari sekitar pukul 00.30 WIT.
   
Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI Marinir Ipung Purwadi didampingi Kabid Brantas BNN Provinsi Papua HM Syafei dan sejumlah pejabat utama di Kota Jayapura dalam pres rilis dan penyerahan barang bukti (BB), Selasa mengatakan BB tersebut ditemukan ketika patroli laut sedang melaksanakan pencarian dua nelayan Hamadi yang dinyatakan hilang saat mencari ikan di laut. 
   
"Bersamaan itu patroli laut menerima informasi dari intelijen bahwa akan ada speed boat dari PNG akan masuk perairan Jayapura, yang diduga membawa sejumlah benda ilegal," katanya. 
   
Sehingga, kata dia,  patroli laut melakukan persiapan untuk melakukan penangkapan. 
   
"Dan benar,  hampir jam 1 dini hari ada speed boat warna putih dalam kecepatan yang tinggi dari arah PNG menuju perairan Jayapura. Patroli laut kemudian bersiap untuk memotong jalur," katanya.
   
Ketika dilakukan pemotongan jalur,  lanjutnya,  speed boat dari arah PNG itu langsung memutar arah. 
   
"Saat itu juga ada sebuah benda yang jatuh di laut.  Tapi patroli terus melakukan pengejaran,  hanya saja speed boat tersebut telah masuki perairan PNG," katanya. 
   
Sementara, benda yang jatuh dilaut berupa kantong berhasil ditemukan dan setelah diperiksa,  ternyata berisi narkotika jenis ganja, sehingga barang bukti tersebut langsung diamankan ke Satrol Lantamal X Jayapura. 
   
"Dalam kantong itu berisi ganja dalam tiga jenis plastik, untuk ukuran plastik besar sebanyak 12 dengan berat masing-masing 75 gram,  ukuran plastik sedang sebanyak 30 bungkus dengan berat 14 gram dan plastik ukuran kecil sebanyak 24 bungkus dengan berat masing-masing 10 gram," kata Ipung. 
   
Kabid Brantas BNN Provinsi Papua HM Syafei mengapresiasi kinerja dari patroli laut Lantamal X Jayapura yang berhasil menggagalkan percobaan penyelundupan ganja di perairan Jayapura.
   
"Terima kasih kepada Lantamal X Jayapura yang telah melakukan tindakan pencegahan penyelundupan narkotika jenis ganja," katanya. 
   
Dalam kegiatan tersebut nampak hadir Wadan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Yehezkiel Katiandagho, Asops Lantamal Kolonel Laut P Nouldy Tangka,  Dansatrol Lantamal Kolonel Laut (P)  Nanan Isnandar, Asrena Lantamal Kolonel Laut (P) Rubiyantoro, Aslog Lantamal Kolonel Laut (T) Muhlis Erwandi dan Dantim Intel Lantamal X Jayapura Letkol Marinir Indarto.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024