Biak (ANTARA News Papua) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun anggaran 2019 akan merenovasi bangunan lantai dan drainase di areal pasar ikan Biak Kelurahan Fandoi Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor, Papua.

"Renovasi pasar ikan Biak Kota satu paket kegiatan dengan pembangunan pasar ikan Bosnik distrik Biak Timur yang dilaksanakan tahun anggaran 2019," kata Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirissa di Biak, Sabtu.

Ia mengakui fasilitas lantai pasar ikan Fandoi Biak Kota belum tertata dengan sistem drainase pembuangan limbah.

Kadis Perikanan Effendi |berharap pembangunan renovasi penataan pasar ikan Fandoi Biak Kota dapat berjalan tepat waktu karena menjadi pusat pemasaran ikan tangkapan nelayan di Kabupaten Biak Numfor.

Effendi mengakui untuk pelelangan pekerjaan fisik penataan pasar ikan Biak Kota dan pasar ikan Bosnik, akan dilakukan satuan kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Untuk proses pelelangan proyek fisiknya akan ditangani langsung satker KKP di Jakarta, ya program renovasi pasar ikan di Kabupaten Biak Numfor sumber pembiayaannya dari KKP bekerja sama dengan JICA Jepang," katanya.

Menyinggung program pembudidayaan ikan di Biak, menurut Kadis Effendi Igrissa, hingga sekarang masih berjalan di berbagai kampung kepulauan Padaido.

"Program budidaya ikan di kepulauan melibatkan masyarakat nelayan lokal asli orang Papua," kata Kadis Perikanan Effendi.

Hingga, Sabtu aktivitas penjualan di pasar ikan Fandoi Biak Kota? masih berjalan normal setiap hari dari jam 08.00 hingga jam 21.00 WIT sementara untuk pasar ikan Bosnik beroperasi dari jam 06.00 hingga jam 13.00 WIT.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024