Jayapura (ANTARA News Papua) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat Papua, intensif mengupayakan pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakat di wilayahnya, khususnya yang terkait dengan pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Bupati Asmat, Elisa Kambu, di Jayapura, Selasa, mengatakan, upaya ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada wilayahnya dan mengubah sifat konsumtif yang masih melekat pada warga di daerah yang dijuluki kota papan ini.

"Kesejahteraan ada kaitannya dengan kemiskinan, sehingga jika Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua menyatakan Asmat sebagai salah satu kabupaten yang termiskin, maka tidak bisa dihindari," katanya.

Menurut Bupati, dari sisi program dan kebijakan, keberpihakan ke masyarakat sudah banyak dilakukan sehingga kini tinggal bagaimana warga yang mengusahakannya.

"Bahkan jika dihitung akumulasi pendapatan Kepala Keluarga (KK) di kampung-kampung berdasarkan pendistribusian dana desa dari pemerintah bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, pemerintah kini sudah banyak menyediakan fasilitas kesehatan, pendidikan maupun pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat, namun belum semua memberdayakannya, padahal ini dapat mendongkrak kesejahteraan.

"Yang jelas, Asmat yang dulu dengan sekarang sudah banyak perbedaan karena kami terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan meskipun tren kemiskinan masih nampak," katanya.

Bupati mengemukakan pihaknya berupaya agar masyarakat tidak lagi terlalu bergantung pada alam, tetapi bagaimana mengusahakan alam untuk mendatangkan kesejahteraan seperti memberikan pembelajaran mengolah alam dan sekitarnya sehingga dapat memperoleh pendapatan serta mengembangkan perekonomian.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024