Asmat (ANTARA News Papua) – Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, mengupayakan peningkatan sarana prasarana di Bandara Ewer, Agats, Kabupaten Asmat, pada tahun anggaran 2019.

Hal itu disampaikan Bupati Asmat Elisa Kambu saat menyambut Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Ewer yang baru Otto Irianto di Agats, Senin (28/1).

Bupati Asmat Elisa Kambu mengharapkan pihak Bandara Ewer dapat bersinergi dengan pemerintah setempat dalam upaya membangun sarana prasarana di bandara tersebut.     

“Selamat datang kepada Kepala Bandara Ewer yang baru, Pak Otto Irianto di Asmat. Kami harapkan agar bersinergi dengan Pemda Asmat untuk membangun ketertinggalan infrastruktur di Bandara Ewer,” kata Elisa.

Ia mengatakan bahwa pemerintah setempat dalam beberapa tahun terakhir melakukan pembangunan landasan pacu Bandara Ewer sehingga pelayanan transportasi udara di kabupaten itu semakin lebih baik.

“Oleh karena itu kami mengharapkan sinergitas dengan pihak bandara, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua dan Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Asmat itu, sarana prasarana yang akan dibangun di Bandara Ewer ialah ruang tunggu dan fasilitas pemadam kebakaran, serta perpanjangan landasan pacu dan fasilitas penunjang lainnya.

“Selain meningkatkan akses, pembangunan dan pengembangan bandara ini juga bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat,” kata Elisa.

Kepala UPBU Kelas III Ewer Otto Irianto mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat sehingga pembangunan sarana prasarana di bandara itu dapat terealisasi di 2019.

“Kalau infrastrukturnya sudah baik, pesawat jenis ATR dapat mendarat di Ewer. Selama ini hanya pesawat jenis Caravan yang bisa masuk,” kata Otto.

Ia memberikan apresiasi kepada Pemkab Asmat karena telah melakukan pembangunan dan pengembangan Bandara Ewer dari tahun ke tahun. Terutama mengubah landasan pacu yang sebelumnya menggunakan tikar baja, kini sudah beraspal.   

Saat menyambut Kepala UPBU Kelas III Ewer Otto Irianto, Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Kepala Perhubungan Kabupaten Asmat Ambo Asse dan staf. (*/Adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024