Biak (ANTARA News Papua) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mengakui kehadiran organisasi Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) memiliki peran strategis untuk mendukung realisasi gagasan Presiden Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran desa.

"Apdesi sebagai organisasi profesi yang beranggotakan kepala kampung bertujuan membantu pemerinta dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Biak, Setyo Budi MAP saat mengikuti pertemuan kepala kampung dalam pembentukan wadah Apdesi di Biak, Kamis.

Ia mengharapkan pembentukan Apdesi Kabupaten Biak Numfor akan mendampingi dan memfasilitasi, serta memberikan pelatihan-pelatihan bagi seluruh anggota, untuk menunjang pembanguan di kampung-kampung.

Pembentukan organisasi Apdesi di Kabupaten Biak Numfor, lanjutnya diharapkan tetap? menjadi pelopor dalam mensukseskan pembangunan nasional khususnya pembangunan di kampung.

"Hari ini 257 kepala kampung di Kabupaten Biak Numfor akan melakukan musawarah daerah di Kampung Kepulauan Samberpasi untuk membentuk kepengurusan Apdesi Biak Numfor," jelasnya.

Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung setempat Setyo Budi berharap siapapun pengurus terpilih Apdesi Kabupaten Biak Numfor diharapkan dapat besinergi bersama membangun masyarakat kampung yang maju, mandiri dan sejahtera menuju perubahan.

Berdasarkan data 257 kepala kampung, delapan kepala kelurahan dan 19 kepala distrik beserta pimpinan organisasi perangkat daerah mengikuti musyawarah daerah pembentukan kepengurusan Apdesi Biak Numfor periode 2019-2024 yang dibuka Pelaksana tugas Bupati Herry Ario Naap.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024